3 Alasan Yang Menjelaskan Bahwa Anda Perlu Memahami Investasi

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi mengapa anda harus meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari dasar-dasar investasi, bahkan jika anda berencana untuk menyewa pakar investasi yang profesional.

  1. “Investasi dasar tidak sulit untuk dipahami dan sebagian besar orang sangat membutuhkannya”

Banyak orang yang terintimidasi oleh pikiran investasi dan hal ini bisa dimengerti. Namun, anda akan baik-baik saja jika anda mengumpulkan, mendiversifikasi portofolio kecil yang terdiri dari reksa dana atau ETF yang murah, membuat kontribusi reguler dan membiarkannya begitu saja.

Strategi ini disebut investasi pasif. Dikembangkan sejak lama oleh seorang kolumnis keuangan pribadi Scott Burns – itu berarti investasi hanya ada dua dana indeks yang murah: Salah satunya adalah S&P 500 dan satunya lagi adalah mencatat indeks obligasi (seperti Vanguard Inflation – Protected Securities Fund).

Persentase uang yang anda investasikan dalam saham apabila dibandingkan dengan obligasi tergantung pada toleransi resiko dan horizon waktu anda. Semakin tinggi toleransi resiko anda atau semakin lama horizon waktu anda maka semakin lama anda dapat berinvestasi didalam saham tersebut. Saham yang stabil, namun secara secara historis membawa hasil yang lebih tinggi. Semakin rendah toleransi resiko anda atau semakin lama horizon waktu anda maka semakin cepat anda menuju ke obligasi. Obligasi secara tradisional kurang stabil, namun menghasilkan keuntungan yang lebih rendah.

Setelah memilih salah satu dari dua dana indeks tersebut, yang harus anda lakukan adalah menambahkan sarang telur anda secara teratur dan menyeimbangkan portofolio anda setiap tahunnya.

Bukan hanya strategi ini cukup mudah untuk dilakukan, ia juga memiliki catatan diatas rata-rata dan diversifikasi diantara saham dan obligasi untuk membantu menjaga portofolio dari  perlakuan yang buruk selama pasar mengalami kemerosotan. Strategi ini juga meminimalkan biaya investasi yang menggerogoti tingkat pengembalian para investor.

  1. “Ada banyak orang yang akan mengambil uangmu jika anda tidak mengerti dengan apa yang akan mereka lakukan terhadap uang tersebut”

Ada banyak penasihat keuangan yang sangat baik diluar sana, tetapi jika anda tidak tahu apa-apa tentang investasi maka anda tidak akan pernah tahu bagaimana cara untuk memilah mana penasihat keuangan yang baik, mana penasihat keuangan yang biasa-biasa saja, dan mana penasihat keuangan yang tidak etis. Pada intinya, anda harus mengetahui bagaimana cara memilih penasihat keuangan yang profesional dimana ia dapat dipercaya untuk bertindak dalam kepentingan terbaikmu.

Misalnya menurut Jemstep.com, sebuah situs bimbingan investasi online dan layanan manajemen yang gratis – anda harus mengetahui Daftar Penasihat Investasi yang secara legal diperlukan untuk menempatkan kliennya secara utama, dan bukan makelar. Anda juga harus memahami bagaimana penasihatmu memberikan kompensasi dan bagaimana mereka memilih aset yang bisa dianjurkan untuk anda.

Masalah yang dapat anda temui dengan makelar adalah perdagangan yang berlebihan didalam akunmu, karena makelarmu akan membeli dan menjual dalam rangka menghasilkan komisi. Praktek ini tidak ada dalam kepentingan terbaikmu, karena tidak akan mengambil tujuan investasimu ke dalam rekening dan mengakibatkan pembayaran biaya perdagangan yang berlebihan. Hal ini akan merugikan anda nantinya.

Masalah lainnya dengan makelar adalah mereka terkadang mendorong investasi kepada kliennya yang berada dalam kepentingan terbaik bagi perusahaan makelar karena perusahaan tersebut memegang posisi besar dalam investasi tersebut. Perusahaan makelar juga dapat mengenakan sejumlah biaya yang menjadi hasil investasi anda. Biaya ini meliputi biaya tanpa aktifitas, biaya transfer, biaya pemeliharaan rekening dan biaya kebutuhan modal minimum. Seakan-akan itu masih belum cukup, menggunakan jasa makelar penuh waktu juga akan dikenakan tarif yang mahal. Komisi mereka bernilai beberapa kali lipat dari hal yang akan anda bayar saat membeli dan menjual sahammu sendiri melalui makelar diskon.

Disisi lain, penasihat investasi tidak hanya dituntut untuk bertindak dalam kepentingan terbaikmu, tetapi mereka juga mungkin membuat rekomendasi atas pembelian dan penjualan yang objektif karena mereka tidak dibayar untuk setiap transaksi yang anda setujui. Penasihat ini juga tidak memiliki niat untuk mendorong anda ke dalam investasi tertentu, terlepas dari apakah mereka merupakan pilihan terbaikmu atau bukan; namun, keahlian mereka tidak semurah itu. Penasihat investasi mengenakan biaya perjam atas layanannya.

  1. “Anda dapat menyimpan uang lebih banyak saat anda mengelola investasi itu sendiri”

Saat anda mengelola investasimu sendiri, anda dapat menyimpan uang dalam beberapa cara:

  • Anda tidak membayar komisi yang besar untuk makelar penuh waktu
  • Anda tidak dipaksa untuk melakoni investasi yang mahal dimana lebih menguntungkan makelarmu daripada menguntungkan anda sendiri
  • Anda tidak membayar tariff perjam yang mahal untuk penasihat investasi

Investasi merupakan cara cepat dapat duit yang sudah banyak dilakukan orang-orang. Pendapatan yang anda dapatkan tergantung pada jenis investasi apa yang lakukan, waktu menginvestasikan dan juga adalah nilai investasinya. Semakin besar nilai investasinya maka semakin besar pendapatan yang anda akan terima begitu juga semakin cepat waktu investasinya, maka semakin kecil uang yang akan anda terima tetapi uang tersebut dapat anda putar lagi sehingga mempercepat anda kaya.

Jika anda mengadopsi strategi pasif yang telah dijelaskan diatas, biaya anda hanya akan menjadi rasio biaya yang dibebankan oleh reksa dana dan ETF dimana anda berinvestasi didalamnya. Karena biaya ini sedang berlangsung, anda ingin menjaganya serendah mungkin. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan saat pemain besar seperti Vanguard, Fidelity dan iShares menawarkan berbagai dana dengan beban rasio yang mendekati angka 0.

Banyak yang berkata, anda masih dapat dikenakan beban atas banyaknya biaya investasi anda sendiri jika anda tidak berhati-hati. Saat memilih makelar diskon dan memilih investasi, pastikan anda telah mempelajari biaya yang akan anda tanggung. Carilah makelar yang memungkinkan anda untuk membeli dan menjual pilihan yang luas dari ETF dan reksa dana tanpa membayar komisi. Dan juga, carilah makelar dengan komisi rendah jika anda berencana untuk berinvestasi didalam saham individu. Pada akhirnya, anda ingin mencari ETF dan dana indeks dengan rasio biaya terendah.

  • Kesimpulan

Jika anda masih tidak nyaman dengan pikiran menginvestasikan uang anda sendiri, silahkan melanjutkannya dengan menyewa seorang penasihat investasi berbasis biaya ataupun pakar keuangan. Namun, anda perlu mengetahui beberapa dasar keuangan sehingga anda tidak bisa dimanfaatkan oleh para pakar keuangan yang tidak etis.