Jenis-Jenis Board Game (Permainan Papan) yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Luang

Untuk mengisi waktu senggang atau menghabiskan liburan, pergi rekreasi bukanlah satu-satunya pilihan karena memainkan sebuah permainan bersama anggota keluarga atau teman-teman bisa jadi ide yang bagus juga. Salah satu permainan menarik yang bisa Anda mainkan adalah permainan papan.

Ada banyak jenis-jenis board game yang mungkin perlu Anda tahu, jadi Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai untuk dimainkan bersama yang lainnya. Berbagai macam permainan papan berasal dari beberapa Negara yang berbeda. Selain itu, permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Sebelum membahas jenis-jenis board game berikut ini penjelasan singkat mengenai apa itu permainan papan. Seperti namanya, permainan ini dimainkan di atas papan. Namun, papan yang dimaksud tidak selalu sebuah papan kayu, melainkan sebuah alas yang dijadikan sebagai dasar permainannya.

Inilah yang menjadi ciri khasnya. Di samping itu, permainan papan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun masih disukai oleh banyak orang hingga saat ini, bahkan beberapa jenis dari permainan tradisional ini telah hadir di komputer dan gadget terkini. Jadi Anda bisa memainkannya kapan pun.

– Jenis-Jenis Board Game yang Menggunakan Taktik

Permainan papan yang pertama adalah catur. Siapa sih yang tidak tahu catur? Meskipun tidak semua orang pandai memainkannya, namun catur bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi waktu luang Anda. Permainan ini membutuhkan sebuah papan yang terdiri dari kotak-kotak berwarna hitam putih yang disusun berselang-seling.

Lalu, untuk memainkannya, dibutuhkan pula beberapa biji catur yang terdiri dari 8 pion, 2 kuda, 2 benteng, 2 peluncur, satu menteri dan satu raja untuk masing-masing pemain yang disusun dalam dua baris. Untuk menggerakkannya pun ada ketentuannya untuk setiap biji catur dan setiap pemain berusaha untuk merebut sang raja sebagai penentu pemenangnya.

Selain catur, ada pula jenis-jenis board game yang lainnya seperti monopoli. Permainan ini bahkan populer di semua kalangan, khususnya anak-anak. Seperti namanya, tujuan permainan ini adalah menguasai sebanyak mungkin petak yang ada di atas papan, yang biasanya berupa nama-nama Negara, kota dan beberapa perusahaan. Setiap pemain dapat melakukan pembelian, pertukaran dan penyewaan terhadap petak yang ada.

Uang yang diperoleh berasal dari bank, oleh karena itu, permainan ini juga dilengkapi dengan uang mainan dan beberapa kartu sebagai sertifikat petak. Tak hanya itu, untuk memeriahkan permainan, ada pula kartu kesempatan dan dana umum yang bisa mendatangkan keuntungan ataupun kerugian bagi pemainnya. Pemain yang memiliki uang paling banyak ialah pemenangnya sementara yang kalah biasanya mengalami kebangkrutan.

– Jenis-Jenis Permainan Papan yang Mengasah Otak

Selain permainan yang menggunakan taktik, ada pula jenis-jenis board game yang dapat mengasah otak seperti scrabble. Ini adalah permainan papan untuk menyusun kata yang dapat dimainkan oleh 2 hingga 4 orang. Papan permainan berupa kotak-kotak kecil yang beberapa di antaranya terdapat nilai kelipatan. Selain papan, para pemain disediakan beberapa ubin kecil seukuran kotak yang ada di papan.

 border=

Ubin-ubin ini bertuliskan huruf-huruf lengkap dengan jumlah poin yang berbeda-beda setiap hurufnya. Poin ini akan dijumlahkan menurut kata yang disusun oleh pemain. Lalu, tentu saja, pemain dengan skor tertinggi adalah pemenangnya.

Masih banyak lagi jenis-jenis board game yang dapat mengasah otak. Permainan selanjutnya ini bisa dimainkan seorang diri, yaitu Sudoku. Papan terdiri dari kotak-kotak kosong yang nantinya harus diisi angka oleh pemain. Kotak-kotak yang tersedia berjumlah 100 dengan 10 kotak mendatar dan 10 kotak menurun.

Biasanya permainan ini dimainkan di komputer di mana beberapa kotak biasanya sudah terisi angka dan pemain harus melengkapi sisanya. Cara mainnya adalah mengisi kotak hingga penuh dengan angka 1-10, namun setiap baris dan kolom tidak boleh diisi dengan angka yang sama.

Jenis-Jenis Permainan Papan Sederhana

Selanjutnya adalah permainan ular tangga. Permainan papan ini termasuk yang paling disukai oleh anak-anak karena caranya yang sederhana namun sangat menyenangkan. Papan permainan memiliki kotak-kotak yang biasanya berjumlah seratus. Masing-masing kotak memiliki angka secara berurutan dan beberapa di antaranya terdapat gambar ular dan tangga yang menjulang hingga beberapa kotak, di mana jika pemain berhenti pada sebuah ujung tangga, mereka diharuskan naik hingga kotak di ujung yang satunya, sedangkan ular sebaliknya, Anda harus turun.

Untuk menentukan berapa kotak yang dijalani, pemain menggunakan sebuah dadu. Pemenangnya adalah pemain yang berhasil sampai di angka seratus. Lalu, selain ular tangga, masih banyak lagi jenis-jenis board game yang lainnya.

Ada banyak jenis-jenis board game yang dapat dimainkan secara sederhana seperti ular tangga. Salah satu contoh lainnya adalah tic tac toe. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh 2 orang. Lalu, papan permainan hanya biasanya terdiri dari 3 atau 4 kotak. Kemudian alat yang dibutuhkan lainnya adalah ubin atau biji berjumlah 3 atau 4 untuk setiap pemain.

Para pemain akan bergantian meletakkan ubin mereka di kotak untuk membuat sebuah garis lurus secara mendatar, menurun atau diagonal. Pemain yang berhasil membuat sebuah garis lebih dulu adalah pemenangnya, jadi tidak hanya berusaha membuat garis, pemain juga sebaiknya menghalangi jalannya lawan.

Kemudian, selain jenis-jenis board game yang telah disebutkan di atas, masih ada lebih banyak lagi yang lainnya yang dapat Anda mainkan. Anda pun bisa mencari tahu untuk permainan papan di setiap Negara. Permainan-permainan papan tersebut pastinya juga memiliki keunikan dan cara main yang berbeda dan tentu akan sangat menyenangkan. Tak hanya dapat menghibur, biasanya permainan diciptakan dengan tujuan yang bermanfaat bagi pemainnya.

Selain itu, beberapa permainan papan bahkan dibuat khusus untuk melatih pemainnya, seperti melatih kecerdasan, keterampilan, membuat strategi dan mengambil keputusan dengan cepat.

Oleh karena itu, beberapa permainan papan tidak hanya bagus untuk para orang dewasa, namun juga anak-anak. Jadi, jika Anda memiliki hari libur namun tidak memiliki uang untuk bepergian, Anda bisa mengisi waktu bersama keluarga dengan memainkan beragam jenis-jenis board game yang tak hanya menghibur namun juga bermanfaat. Terlebih lagi, Anda dapat membangun ikatan keluarga yang lebih kuat, atau Anda bisa memainkannya bersama teman untuk meningkatkan interaksi terhadap sosial.